Aspirasi DPRD Sukoharjo Rp7,2 Miliar Ditolak, Banggar pun Meradang

 

 

SOLO–MICOM: Usulan dana aspirasi DPRD Sukoharjo sebesar Rp7,2 miliar ditolak tim anggaran eksekutif. Banggar (badan anggaran) DPRD pun berang. Rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan APBD 2012 yang digelar pada Selasa (12/6) di gedung dewan pun mentok di tengah jalan.

Anggota Banggar DPRD Sukoharjo Sri Joko menganggap tim eksekutif telah menyalahi komitmen, dengan hanya mengajukan Rp60 juta untuk anggota, dan bukan Rp150 juta untuk setiap anggota, yang disusul Rp250 juta untuk wakil ketua serta Rp300 juta untuk pimpinan dewan, sehingga total mencapai Rp7,2 miliar.

Namun, tim anggaran eksekutif juga bergeming, dengan angka Rp 60 juta untuk setiap anggota dewan. Alasannya, angka itu sudah merupakan kesepakatan antara eksekutif dan legislatif saat perhitungan APBD 2011 pada setahun silam, berdasarkan keberadaan dana sisa lebih perhitungan anggaran (silpa).

Tetapi, Ketua Banggar Dwi Jatmiko mengatakan dana aspirasi anggota DPRD semestinya mengalami kenaikan dibandingkan saat perubahan APBD 2011.

“Ya mestinya berdasarkan dana silpa mestinya ada kenaikan. Kalau hanya Rp60 juta untuk setiap anggota, jelas kita belum menerima, mengingat dana itu nantinya juga kembali lagi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sri Joko juga menambahkan eksekutif perlu memberikan penjelasan yang transparan terkait dana silpa yang tiba-tiba habis, yang berbuntut tidak klopnya pengajuan eksekutif dengan usulann yang dibawa legislator sebesar  Rp7,2 miliar.

“Kok dana Silpa tiba-tiba habis? Ini harus dijelaskan,” tandas dia.

Banggar, lanjut Sri Joko, akan bersikukuh bahwa sesuai kesepakatan awal, bahwa dana aspirasi untuk anggota Rp150 juta dan bukan Rp60 juta. Jika tidak ada kompromi, tidak akan ada kelanjutan rapat pembahasan KUA-PPAS Perubahan APBD 2012.

DPRD Sukoharjo periode 2009-2014 berjumlah 45 orang, terdiri anggota 41 orang, tiga orang wakil ketua dan satu ketua DPRD. (WJ/OL-10)

Rabu, 13 Juni 2012

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/13/325903/289/101/Aspirasi-DPRD-Sukoharjo-Rp72-Miliar-Ditolak-Banggar-pun-Meradang

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s