Aspirasi Mandek di DPRD: Dari Diskusi Kantin Parlemen

 

 

MAKASSAR, UPEKS–Fungsi DPRD Makassar sebagai lembaga kontrol dan pengawasan jalannya pemerintahan Kota Makassar dianggap belum berjalan.

Pasalnya keluhan rakyat hanya sampai di ruang aspirasi dewan dan tidak diteruskan ke pihak bersangkutan.
Tudingan koordinator FIK Ornop Sulsel, Asram Jaya ini terungkap dalam diskusi akhir tahun yang berlangsung di Kantin DPRD Makassar, baru-baru ini. Kegiatan ini bertema ‘Sudahkah Aspirasi Masyarakat Disuarakan’dengan menghadirkan sejumlah pembicara Dr Firdaus Muhammad, Dosen Komunikasi Politik  UIN dan sejumlah anggota dewan sebagai pembanding.
Menurutnya, saat ini banyak aspirasi rakyat hilang di DPRD. Banyak keluhan warga tak mendapat tanggapan dan terabaikan. Sehingga kepercayaan kepada anggota dewan cukup buruk. Tak hanya itu, peruntukan alokasi anggaran saat ini banyak yang tidak rasional dalam penempatannya. Baik untuk infrastruktur maupun belanja habis di DPRD Makassar.
“Sepertinya di DPRD ini  kita tidak membutuhkan orang cerdas untuk menjadi wakil rakyat, tapi kita membutuhkan orangt yang amanah,” paparnya.
Selain itu, Dr Firdaus Muhammad,mengatakan, kinierja DPRD saat ini belum maksimal disebabkan sistem yang ada. Sehingga untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kerjasama dengan semua elemen, baik LSM, media hingga masyarakat.
“Anggota dewan harus bekerja secara maksimal, sebab kami yang ada di luar tidak pernah tidur mengawasi, kami selalu memantaunya,” jelasnya.
Wakil Ketua DPRD Makassar, Haedar Majid, menuturkan, anggota dewan DPRD dipilih dengan suara terbanyak. Sebab mereka punya visi dan misi sebagai perwakilan rakyat dengan indikator yang jelas seperti terpercaya dan amanah dalam menjalankan apa yang menjadi harapan rakyat.
“Pertanyaan apakah aspirasi rakyat sudah disampaikan, jawabannya iya. Sebab semua program dan kerja di DPRD telah disampaikan,” paparnya.
Hal serupa juga disampaikan Mustagfir Sabry dari Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Makassar. Menurutnya, saat ini dalam pembangunan di Makassar dan apakah aspirasi rakyat telah disampaikan? Jawabannya pastilah sudah. Walaupun penilaian rakyat bersifat objektif. ()
Sabtu, 31-12-2011

Sumber: http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=78329

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s