Tak Perlu Pansus, DPRD Tetap Dukung: Relokasi PKL Niaga Selatan ke Komplek Stadion Segiri

SAMARINDA. Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda, Hj Fatimah Asyari, menganggap Panitia Khusus (Pansus) untuk menangani Pedagang Kaki Lima (PKL) di Citra Niaga, khususnya di Jl Niaga Selatan, tak perlu dibentuk. Pasalnya di saat bersamaan, Pemkot telah bersiap membentuk tim khusus, dengan tugas untuk menyelesaikan persoalan yang sama.

Dengan pertimbangan efektivitas, sehingga dianggap pansus itu tak terlalu penting untuk dibentuk. “Awalnya, hanya sekadar bincang lepas di internal kami untuk membentuk Pansus Citra Niaga. Tapi rasanya tidak perlu. Karena sekarang Pemkot juga tengah bersiap untuk membentuk tim,” ujar Fatimah kepada Sapos kemarin.

Kata dia, keinginan untuk membentuk pansus sebagai bentuk kepedulian DPRD terhadap kawasan Citra Niaga yang sempat menjadi pusat perbelanjaan kebanggaan Kota Samarinda itu. Namun karena Pemkot juga telah meresponnya, sehingga dianggap tak perlu.

“Kita cukup mengawal itu saja. Tapi siap juga untuk membantu. Karena pansus itu dibentuk, kalau memang belum ada tim yang menangani. Nah karena sudah ada, jadi tidak perlu lagi. Tapi kita siap untuk saling berkoordinasi dengan Pemkot dalam menyelesaikan persoalan ini,” tukasnya.

Menurut dia, konsep penataan PKL yang ditawarkan Pemkot saat ini sangat bagus. Khususnya bagi para pedagang yang menempati badan jalan serta median di segmen Jl Niaga Selatan. Selain bisa mensterilkan kawasan tersebut sehingga bisa melancarkan arus lalu lintas, juga bisa meningkatkan pendapatan PKL setelah menempati lokasi baru yang disiapkan nanti.

“Jadi rasanya tidak bijak juga kalau sampai PKL menolak rencana mulia itu. Karena dulunya juga izin menempati lokasi itu hanya sementara, saat saya masih di Komisi II,” tuturnya.

Selain itu sambung Fatimah, PKL juga harus sadar lokasi yang dipakai untuk berjualan itu menyalahi aturan. Apalagi sampai memakan badan jalan. Sehingga tak ada alasan untuk bertahan bila sudah disiapkan lokasi alternatif.

“PKL harus mau diatur. Apalagi ini untuk tujuan yang baik,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Forum Bersatu PKL Niaga Selatan, Dimi Clakosta mengatakan, belum ada sikap resmi yang dikeluarkan pihaknya, menanggapi wacana Pemkot tersebut. Termasuk persiapan menjelang rapat yang akan digelar pemkot dengan mengundang PKL awal Juni nanti.

“Kami masih siapkan segala administrasi yang diperlukan. Jadi kami belum tentukan sikap. Termasuk apakah nanti bisa menghadiri undangan pertemuan itu ataukah tidak,” katanya singkat. (yes)

Senin, 23 Mei 2011

Sumber: http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/17/18921

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s