Tak Rasional Usulkan Anggaran Naik : Pemkot Soroti Kinerja DPRD

 

 

DEMANG HARDJAKUSUMA,(GM)-
Usulan kenaikan anggaran sejumlah kegiatan dewan Kota Cimahi, dinilai tidak rasional oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi. Seharusnya, kinerja dewan lebih menjadi prioritas dari sekadar masalah anggaran untuk kegiatan.

Kepala Bagian Hukum Pemkot Cimahi, Kardin Pandjaitan kepada wartawan, Rabu (15/9), mengungkapkan, usulan yang disampaikan oleh dewan itu dilakukan secara tidak matang, karena tidak melihat kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

“Sekarang ini dewan Kota Cimahi mengajukan kenaikan anggaran untuk SPPD (surat perintah perjalanan dinas) dari Rp 750.000 menjadi Rp 1.250.000. Selain itu, dewan pun minta kenaikan biaya reses dan bintek (bimbingan teknis). Kita melihat usulan kenaikan sejumlah kegiatan dewan itu sangat tidak masuk akal, dan terkesan pertimbangannya tidak matang, bahkan tidak realistis,” tegasnya.

Dikatakan, kalaupun dewan menginginkan kenaikan sejumlah pos anggaran untuk kegiatan dewan, mestinya disertakan dengan rasionalisasi yang jelas dan bisa diterima warga Cimahi. “Permintaan kenaikan sejumlah anggaran itu apa alasannya? Jangan asal minta naik saja, tapi tidak jelas penggunaannya,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Cimahi, Achmad Zulkarnain mengatakan, apa yang disampaikan Kardin sangatlah mengada-ada. Karena, dewan selama ini tidak pernah mengajukan kenaikan anggaran untuk kegiatan apa pun.

Sejumlah anggota DPRD Kota Cimahi lainnya pun menolak wacana kenaikan tunjangan dana reses menjadi Rp 15 juta yang pernah diusulkan. Sebab, usulan itu sama halnya dengan menyakiti hati rakyat.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Cimahi, Cecep Rustandi menyatakan penolakannya atas kenaikan dana reses lantaran mempunyai dua beban, yakni beban anggaran dan moral. “Kenapa disebut beban anggaran, lantaran masih banyak kebutuhan pembangunan untuk Kota Cimahi. Kalau dananya banyak dikeluarkan untuk hal-hal yang kurang produktif, kasihan sekali mereka yang telah memilih kita,” ujarnya. (B.116)**

 

Kamis, 16 September 2010Sumber :  http://www.klik-galamedia.com/indexnews.php?wartakode=20100916090101&idkolom=cimahi

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s