32 Anggota Dewan Mangkir

32 Anggota Dewan Mangkir 

GEDUNG BERLIAN – Hampir separuh jumlah anggota dewan, tidak hadir dalam Rapat Paripurna DPRD Jateng perdana yang digelar usai libur lebaran 2010. Berdasarkan daftar absensi anggota dewan, sebanyak 68 dari 100 anggota dewan hadir dalam rapat kemarin. Ini berarti, ada 32 anggota dewan yang mangkir dalam rapat paripurna di Gedung Berlian, Rabu (15/9) kemarin.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Jateng, Nuniek Sriyuningsih mengaku kaget dengan minimnya kehadiran anggota dewan pada rapat paripurna perdana usai Lebaran kemarin. Dia memprediksikan setidaknya ada 70 orang lebih yang hadir.

Namun, perkiraannya meleset.’’ Saya perkirakan 71 atau 72, e … nggak tahunya cuma 68 orang,’’ ujar Ketua Fraksi PDIP itu. Lebih lanjut, BK akan melakukan rapat evaluasi internal terkait absensi anggota dewan ini. Hasil rapat tersebut akan direkomendasikan kepada pimpinan masing-masing fraksi.

Terpisah, Ketua DPRD Jateng H Murdoko membantah minimnya kehadiran dewan tersebut. Menurutnya, kehadiran anggota dewan dalam rapat paripurna itu justru di luar prediksi. Bahkan, dia menyebut angka kehadiran sebanyak 81 orang. ’’Jumlahnya bagus, di luar prediksi malah, mungkin karena besok juga sudah mulai pembahasan RAPBD 2011,’’ tukas Murdoko.

Tertulis
Dia menambahkan, berdasarkan keterangan Sekretariat DPRD Jateng, pemberitahuan secara tertulis sudah dilakukan sejak satu pekan sebelum lebaran. Selain itu, sejumlah anggota dewan juga menyampaikan izin untuk tidak hadir dalam rapat.

Salah satu alasannya, masih berada dalam perjalanan.’’Ini bisa dimaklumi karena anggota dewan berasal dari beragam daerah di Jateng,’’ jelasnya. Kendati demikian, tidak ada sanksi yang diberikan kepada anggota dewan yang mangkir pada paripurna pertama usai Lebaran tersebut.

Murdoko mengatakan, evaluasi ketidakhadiran biasanya dilakukan BK setiap tiga bulan sekali. Hasil evaluasi tersebut diserahkan kepada pimpinan dewan untuk disampaikan kepada pimpinan fraksi. ’’Kalau tiga kali berturut- turut tidak hadir akan ada teguran internal dewan dan masing-masing fraksi,’’ imbuhnya. rth—Ks

Thursday, 16 September 2010

 

Sumber :  http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=41395&Itemid=32

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s