DPRD DKI: Gaji Guru Besar, Kenapa Banyak Siswa Gagal UN?

 Jakarta – Angka kelulusan siswa di DKI Jakarta menurun. Salah satu faktor utama karena para guru atau pengajar hanya mengejar gaji besar saja tanpa memperhatikan kualitas siswa. “Gaji guru sudah besar di DKI tapi kenapa angka siswa kelulusan menurun?

Menurut saya ini bukan karena faktor siswanya tapi juga gurunya,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Ingard Joshua saat dihubungi wartawan, Kamis (29/4/2010). Ingard yang juga politisi Golkar ini menjelaskan, untuk itu, harus dilakukan evaluasi oleh dinas pendidikan, kenapa hal tersebut bisa terjadi. “Saya ingin ada evaluasi.

Kalau untuk sekolah negeri, dinas harus mengevaluasi kepala sekolah, guru, dan metode pembelajarannya. Itu untuk yang negeri karena itu berada di bawah dinas pendidikan,” tandasnya. Sedang untuk sekolah swasta, status sekolah bisa diturunkan. “Misalnya yang tadinya statusnya diakui diturunkan jadi terdaftar, dan status disamakan turun jadi diakui, begitu seterusnya,” imbuhnya.

Tindakan itu dilakukan, agar orang tua tidak sembarang memasukkan anaknya ke sekolah. “Mutu pendidikan yang kurang bagus harus dievaluasi,” paparnya. Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Prijanto mengaku sedih dan prihatin atas menurunnya angka kelulusan di ibukota.

Wagub pun merasa malu ketika angka kelulusan siswa SMA dan sederajat di DKI di bawah Jatim dan Jabar. “Kalau disebut malu ya malu kalau ini disebut pertandingan,” ujar Prijanto, Rabu (28/4). Selama ini dana yang dikucurkan pemerintah provinsi DKI sangat besar untuk mendanai sarana dan prasarana pendidikan di DKI.

Tetapi hal itu ternyata tidak membuat prestasi pendidikan semakin membaik. “Banyak faktor yang perlu diurai terkait ini (kelulusan). Nanti Disdik akan melakukan evaluasi setelah itu pasti akan laporan ke gubernur,” kilahnya. (*/dtc/red)

SUMBER : http://www.jakartapress.com/www.php/news/id/13283/DPRD-DKI-Gaji-Guru-Besar-Kenapa-Banyak-Siswa-Gagal-UN.jp

Kamis, 29/04/2010

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s