DPRD desak Pemprov DKI naikkan pajak daerah

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mendesak Pemprov DKI segera menaikkan tarif pajak daerah yang menjadi obyek pajak utama di Jakarta. Sebab tarif pajak yang ada saat ini, dinilai sudah tidak lagi sesuai dengan kondisi perekonomian.

Kenaikan ini juga dinilai perlu, karena untuk menyesuaikan dengan Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU DPRD) yang disahkan pada tahun 2009. Pada 2009, UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah disahkan sebagai pengganti dari UU Nomor 34 Tahun 2000.

Anggota Fraksi PDIP Rio Sambodo, mengatakan, kenaikan tarif pajak diperlukan karena dalam enam tahun terakhir kontribusi pendapatan pajak daerah cenderung menurun setiap tahunnya. Misalnya saja pada 2004 kontribusi sebesar 47,61 persen, 2005 sebesar 48,33 persen, 2006 sebesar 45,21 persen, 2007 sebesar 43,20 persen, 2008 sebesar 45,53 persen dan 2009 sebesar 44,42 persen.

“Ini menunjukkan tax effort yang cenderung menurun juga. Padahal pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan terbesar di Jakarta,” katanya seperti dikutip beritajakarta.com. Hal senada dikatakan anggota Fraksi Partai Demokrat, Santoso, yang mengatakan kenaikan tarif maksimum pajak daerah diperlukan agar Pemprov DKI dapat mengatur sistem perpajakannya.

Sehingga bisa meningkatkan pendapatan, kualitas pelayanan, penghematan energi, dan pelestarian lingkungan. Kenaikan tarif yang diajukan Santoso yakni untuk pajak PKB menjadi 10 persen dari 5 persen yang berlaku saat ini.

Kemudian tarif maksimum BBNKB dinaikkan dari 10 persen menjadi 20 persen, tarik pajak bahan bakar dari 5 persen menjadi 10 persen dan tarif pajak parkir dari 20 persen menjadi 30 persen. (aka)

Sumber : http://www.primaironline.com/berita/ekonomi/dprd-desak-pemprov-dki-naikkan-pajak-daerah

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s