Mobil Dinas Baru DPRD Rp1,5 Miliar

MAKASSAR (SI) – Sekretariat DPRD Sulsel akan menambah mobil dinas anggota DPRD yang baru. Tambahan mobdin tersebut sebanyak tujuh unit dan akan dianggarkan Rp1,5 miliar di APBD 2010.

Sekretaris DPRD Sulsel Abdul Kadir Marsali mengatakan, mobdin tersebut disiapkan untuk ketua fraksi, pimpinan komisi dan pimpinan alat kelengkapan Dewan lainnya. ”Kami akan usulkan pengadaan mobil dinas itu di anggaran pokok nanti.” ”Total anggarannya sekitar Rp1,5 miliar,”jelas Kadir. Mobil untuk DPRD itu bermerek Kijang Innova dan seluruhnya baru. Setiap unit ditaksir seharga Rp213 juta. Sekwan mengatakan, dia segera mengusulkan pengadaan mobdin itu ke Sekretariat Provinsi Sulsel untuk disetujui. Dengan tambahan tujuh unit, maka total jumlah mobil dinas di DPRD Sulsel menjadi 40 unit.

Sebelumnya, sudah ada 33 unit yang digunakan oleh anggota DPRD periode lalu. Mobdin baru itu rencananya akan diberikan untuk ketua fraksi tambahan.Tahun lalu jumlah fraksi hanya tujuh,kali ini menjadi sembilan. Tiga unit diberikan kepada pimpinan komisi tambahan. Kali ini komisi menjadi lima dari sebelumnya empat. Dua unit lainnya diberikan kepada pimpinan alat kelengkapan DPRD. Bertambahnya jumlah mobil dinas untuk anggota DPRD ini mengundang sorotan.

Pasalnya, berdasarkan aturan, yang berhak menggunakan mobdin hanya pimpinan DPRD,terdiri atas satu orang ketua dan tiga wakil ketua.Sedangkan pimpinan komisi, alat kelengkapan DPRD, terlebih-lebih fraksi tidak dibenarkan oleh aturan menggunakan mobdin. Pemprov Sulsel berdalih,status mobdin itu bukan fasilitas bagi anggota Dewan, melainkan sifatnya hanya dipinjampakaikan. Koordinator Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Syamsuddin Alimsyah mengatakan, alasan pinjam pakai itu hanya akal-akalan saja untuk tetap memberikan fasilitas kepada anggota DPRD.

Dia terutama menyoroti pemberian mobdin bagi ketua fraksi DPRD.Menurut dia, hal itu tidak pantas karena fraksi bukan alat kelengkapan DPRD, melainkan perpanjangan partai di DPRD. ”Kalau ada mobil dinas untuk pimpinan komisi masih bisa dimaklumi karena mereka memang butuh saat akan mengunjungi konstituen. Tapi mobil untuk ketua fraksi ini yang keliru,”jelas dia. (bakti m munir)

Senin, 05 Oktober 2009

Sumber: http://news.makassarterkini.com/index.php?option=com_content&view=article&id=889%3Amobil-dinas-baru-dprd-rp15-miliar-&catid=34%3Ainfo-terkini&Itemid=1

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s