Depdagri Larang Semua DPRD Provinsi Beli Mobil Dinas Baru

 

 

JAKARTA–MI: Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Keuangan Daerah (BAKD) Departemen Dalam negeri (Depdagri), Timbul Pudjianto, melarang DPRD provinsi membeli mobil dinas baru.

BAKD akan membatalkan pos anggaran pembelian mobil dinas DPRD tersebut jika masih tetap dicantumkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) saat dilakukan evaluasi. Saat ini, BAKD tengah melakukan evaluasi 10 APBD provinsi tahun anggaran 2010. Sebanyak 23 provinsi lagi belum menyerahkan APBD 2010 ke BAKD. APBD baru bisa disahkan apabila sudah dievaluasi oleh BAKD.

Direktur Administrasi Anggaran Daerah Depdagri, Sunarni, mengatakan, dari 10 APBD yang sedang dievaluasi, pihaknya menemukan pembelian mobil dinas DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp666 juta pada APBD 2010. Padahal, dalam APBD 2009, pembelian mobil tersebut sudah dianggarkan sebesar Rp2,04 miliar. APBD lainnya yang sedang dievaluasi antara lain APBD Kalimantan Timur dan APBD Sumatra Utara.

Sunarni mengatakan pihaknya sudah menyurati pihak Pemprov Sultra. Surat itu berbunyi, “Pengadaan kendaraan dinas/operasional Rp666 juta pada pos sekretariat dewan agar dilakukan secara selektif sesuai urgensinya dan lebih mengoptimalkan penggunaan kendaraan yang sudah ada mengingat tahun anggaran 2009 telah dianggarkan Rp2,04 miliar untuk kegiatan yang sama.”

Pemprov Kaltim juga sempat mengajukan pembelian mobil dinas untuk seluruh DPRD. “Kami mengingatkan mobil dinas yang disediakan itu hanya untuk pimpinan DPRD yakni ketua dan wakil ketua. Kami tegaskan, kalau itu diajukan dalam APBD akan kami batalkan. Mudah-mudahan mereka tidak mencantumkannya lagi,” ujarnya.

Mengenai APBD Riau 2010, BAKD belum menerimanya. “Saat evaluasi nanti, kalau ada pembelian mobil dinas, akan kami batalkan,” katanya. (Ken/OL-04)

 

Rabu, 28 Oktober 2009 18:14 WIB       

Penulis : Kennorton Hutasoit

 

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/28/102677/23/2/Depdagri-Larang-Semua-DPRD-Provinsi-Beli-Mobil-Dinas-Baru

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s